Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Belajar Kanji China

By Unknown Selasa, 19 Agustus 2014
Tips Menghafal Tulisan Kanji

Bagi anda yang sedang atau akan mempelajari tulisan kanji (China, Jepang, Korea, dll) tentu tahu bagaimana sulitnya menguasai materi pelajaran tersebut. Terkadang sebelum mempelajarinya pun, kita sudah menyerah bahkan mengatakan pada diri sendiri: "Huruf kanji sangat sulit, saya tidak akan pernah bisa menguasai huruf kanji.".



Saya sebagai tenaga pengajar bahasa Mandarin, banyak sekali mendapatkan pertanyaan dari murid-murid saya tentang bagaimana agar dapat menguasai tulisan kanji. Untuk itu pada kesempatan ini saya ingin mencoba berbagi tips & trik untuk menguasai kanji-kanji indah tersebut.

1. CINTAI LAH KANJI. Yakinkan diri anda bahwa belajar tulisan kanji sangat menyenangkan. Sebelum anda berusaha, jangan katakan pada diri anda sendiri bahwa anda tidak bisa. Di China dengan populasi 1milyar penduduk, tidak ada satu orangpun yang berkeberatan karena mereka harus menulis dan membaca huruf kanji. Malah sebaliknya, mereka akan merasa takut bila harus menulis dan membaca tulisan alphabet romawi. Mengapa begini? Karena mereka tidak punya pilihan, sejak kecil mereka tidak berpikir harus bersusah payah untuk belajar huruf kanji. Begitu juga dengan kita, kita tidak pernah protes sewaktu kita mulai belajar ABC di bangku TK. Karena itu mulai saat ini, buanglah pikiran pesimis anda, berhentilah mengeluh dan ambil alat tulis anda.

2. MENULIS YANG BANYAK. Perbanyaklah kegiatan menulis kanji. Luangkanlah waktu untuk melatih tulisan kanji. Jangankan kita, sebagai orang asing yang mempelajari kanji, orang asli dari China sendiri pun bila tidak menulis, bisa mengalami lupa pada saat ingin menulis kata-kata tertentu.
Seberapa banyak kita harus menulis? Saya tidak pernah menargetkan jumlah huruf yang saya tulis. Saya menikmati tulisan kanji itu sendiri, saya tidak pernah merasa terbebani pada saat latihan. Contoh yang saya lakukan adalah: 1huruf kanji ditulis satu halaman penuh. Bila saya belum menguasainya, saya akan tetap mengulang huruf tersebut hingga beberapa halaman banyaknya. Sambil menulis huruf tersebut saya akan menyebutkan/membaca huruf tersebut, atau paling tidak saya lakukan dalam hati. Konsentrasilah pada saat menulis, kosongkan pikiran anda dan pikirkan hanya satu huruf itu.

3. KUASAI SEBAGIAN DARI HURUF. Biasanya huruf kanji dibagi dalam beberapa guratan. Guratan-guratan tersebut memiliki langkah-langkah yang telah ditentukan. Carilah cara untuk mengingat goresan pertama. Ya, kuasai goresan pertama suatu huruf. Carilah ciri khas suatu huruf. Saya pernah mengalami kesulitan mengingat huruf-huruf tertentu yang memang sangat rumit untuk ditulis. Lalu saya hanya mengingat bagian-bagian atau goresan-goresan tertentu yang dapat saya ingat dengan mudah. Setelah saya menguasai bagian tersebut, guratan lainnya dengan sendirinya keluar di benak saya. Anda masih ingat suatu tempat wisata yang anda kunjungi sewaktu kecil? Anda masih ingat wajah guru anda yang menyebalkan sewaktu SD? Atau masih ingatkah anda dengan mal yang anda kunjungi kemarin, lorong-lorong pertokoan, jalan menuju toilet atau tempat parkir kendaraan anda? Ya anda masih ingat. Namun tidak seratus persen. Anda masih ingat suatu sudut kota Singapura yang pernah anda kunjungi, anda ingat dengan jelas bagian tertentu dari wajah guru anda yang menyebalkan, anda ingat warna lampu toko di suatu mal yang anda kunjungi minggu lalu. Bagian itulah yang dapat me-recall memory anda untuk mengingat secara keseluruhan.

4. BANYAK-BANYAK MEMBACA. Setelah kita mampu menulis huruf-huruf tertentu, secara otomatis kita akan dapat membacanya. Tulisan kanji merupakan pictograph, yaitu tulisan/huruf yang bisa dibaca namun belum tentu bisa ditulis. Bagaikan disuruh menggambar wajah monyet, tentu kita tidak bisa. Namun bila kita lihat foto monyet, kita langsung dapat mengenalinya. Anda masih ingat dengan jelas wajah Britney Spears penyanyi seksi terkenal dari Amerika yang mungkin bagi anda berwajah biasa-biasa saja. Namun anda pasti lupa wajah Miss Universe yang pernah anda sukai yang jauh lebih cantik dari Britney Spears. Mengapa? Karena Miss Universe tidak pernah muncul di hadapan mata anda secara visual. Lain halnya dengan Britney Spears yang bisa muncul di televisi, koran, majalah, bahkan poster-poster di jalan. Huruf-huruf kanji yang kita pelajari bernasib sama dengan Miss Universe yang pernah kita idamkan, dia akan hilang dari ingatan kita. Untuk itu usahakanlah diantara kesibukan anda, sisakan sedikit waktu untuk membaca atau mengulang huruf-huruf yang telah anda kuasai. Anda juga dapat menempel/menggantung huruf-huruf yang sedang anda pelajari di dinding rumah atau kantor anda.


Selamat Belajar.

Post Tags:

No Comment to " Tips Belajar Kanji China "

test comment