Diberdayakan oleh Blogger.
 
  Seperti yang kalian sudah dengar, Instagram, Whatsapp dan Youtube adalah beberapa aplikasi yang tidak bisa dibuka di China. Bahkan Google sekalipun, bayangkan betapa terganggunya pengguna Android yang harus menggunakan Google mail, dan Google Playstore.

     Hal ini seringkali menjadi hambatan atau halangan bagi kalian yang mau belajar di china. Namun jangan khawatir, hal ini masih bisa diatasi dengan penggunaan VPN.

     Beberapa hal yang harus kalian siapkan sebelum berangkat ke China untuk belajar, bekerja, ataupun hanya jalan-jalan adalah mendownload semua apps yang berguna selama kalian berada di China, sebab apabila kalian baru akan mendownload apps setibanya di China, hal itu akan menyulitkan karena Google diblock, Playstore tidak bisa diakses. (Apps yang berguna di China bagi pelajar asing akan kami tulis pada blog selanjutnya).


     Namun pemerintah China hanya memblock Google, Instagram, Whatsapp, Youtube apabila kalian menggunakan SIM card China seperti China Mobile atau China Unicom. Apabila kalian menggunakan SIM card Indonesia, tidak ada batasan dalam penggunaan aplikasi smartphone.

     Dalam mengunakan SIM card Indonesia, ada dua cara, yaitu dengan data plan, atau hanya dengan wifi. Apabila kalian memutuskan menggunakan data plan, pastikan data plan internasional sudah berjalan sehari sebelum kalian berangkat sehingga tidak mengganggu konektifitas setibanya di China.

Apabila kalian tidak ingin menggunakan data plan internasional karena faktor biaya, matikanlah data plan pada smartphone sebelum lepas landas. Setibanya di China, kalian bisa menggunakan wifi gratis. Namun dalam penggunaan wifi, tetap dibutuhkan penggunaan VPN untuk mengakses aplikasi yang diblock.



salam,
Briand Liong
PANDAlink


No Comment to " Instagram Whatsapp Youtube Tidak Bisa Dibuka di China "

test comment